10 Alasan Mengapa Tidak Sukses (Bag-1)


Sahabat Blog Inspirasi dan Motivasi yang hatinya selalu terbuka untuk menerima tetesan ilmu, seringkali kesuksesan yang kita idam-idamkan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan.Kita seperti berjalan ditempat, padahal waktu terus jalan tapi nasib sepertinya tak kunjung berubah. Nah, Apabila Anda tidak meraih bentuk kesuksesan seperti yang Anda bayangkan dalam area yang penting bagi Anda, satu atau dua hal berikut mungkin saja tepat bagi Anda juga:

1.Anda tidak memiliki sebuah tujuan akhir.
Ada begitu banyak waktu dimana kita menemukan diri kita “memutar roda-roda kita,” berjuang dari rutinitas hari ke hari yang tidak membawa kita ke mana-mana karena kita tidak tahu hendak pergi ke mana yang kita inginkan. Kadangkala kita memiliki tujuan-tujuan di mana kita kita menaruh diri kita pada jalan tertentu, tetapi kita telah berubah di tengah perjalanan kita dan tujuan-tujuan itu tidak lagi penting. Kadangkala dengan sederhana kita hanya melakukan apa yang diharapkan dari diri kita tanpa berhenti untuk berpikir apakah yang akhirnya kita inginkan untuk capai bagi diri kita sendiri. Apapun kasusnya, menemukan apakan tujuan-tujuan Anda, dan yang sama pentingnya, apakah tindakan-tindakan terakhir Anda menolong Anda untuk mencapainya, sungguh amat penting.

2.Anda tidak memiliki visi.
Menentukan tujuan-tujuan adalah penting namun belumlah cukup untuk memacu Anda mencapai garis akhir; hal yang juga penting, adalah mampu untuk membayangkan diri Anda sebagai seorang yang mencapai tujuan-tujuan Anda. Bagaimana yang akan Anda rasakan, apakah imbalannya, mengapa sungguh berarti untuk mengikuti tujuan-tujuan Anda dan bukan yang lain? Apabila tujuan-tujuan adalah hasil akhir dari sebuah perjalanan, maka visi Anda adalah bahan bakar untuk sampai ke sana.

3.Anda tidak memiliki rencana.
Jikalah tujuan-tujuan adalah destinasi dan visi adalah bahan bakarnya, maka rencana Anda adalah peta yang membawa Anda ke sana; tanpa suatu rencana, Anda tidak akan mengerti sama sekali langkah-langkah apakah yang harus segera diambil untuk mencapai tujuan-tujuan Anda. Merencanakan berarti mengambil seluruh sumber daya yang Anda miliki, seluruh sumber daya yang Anda perlukan dan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk membuat semua sumber daya yang ada bertindak. Dunia ini penuh dengan begitu banyak orang bersama tujuan-tujuan yang tidak pernah mereka selesaikan karena tidak memiliki rencana – jangan sampai Anda menjadi salah satunya.

4.Anda terlalu yakin.
Terlalu banyak keyakinan menciptakan kurang fleksibelitas. Apabila Anda yakin bahwa rencana Anda itu tepat, dan menolak menerima kemungkinan adanya kesalahan, Anda akan menemukan diri Anda terhenti ketika suatu perubahan yang tak terduga datang tiba-tiba, atau ketika rencana Anda membawa Anda ke dalam suatu arah yang tidak diharapkan. Seberapapun kuatnya rencana Anda dan seberapapun yakinnya Anda dengan tujuan-tujuan Anda, berilah ruang untuk melakukan evaluasi kembali secara periodik.

5.Anda tidak cukup yakin.
Pada saat yang bersamaan, terlalu kecilnya keyakinan Anda akan melumpuhkan Anda. Bila Anda menolak untuk melangkah karena Anda tidak positif bahwa itu akan membawa Anda menuju kesuksesan, Anda tidak akan mencapai kemajuan apapun yang lebih baik dibandingkan jikalau Anda tidak memiliki tujuan sama sekali. Bukalah selalu mata Anda dan miliki kerelaan untuk berubah, tetapi milikilah keyakinan pada diri Anda juga.

Dalam kesempatan ini baru saya tuliskan lima alasan dulu, insyaallah diwaktu yang akan datang akan saya lanjutkan.. Semoga bermanfaat dan salam sukses..!!!

(Dialih-bahasakan dari artikel “10 Reasons You Aren’t Achieving Success” dari lifehack.org, sebuah blog yang didirikan oleh Leon Ho pada tahun 2005 yang berisi tentang produktivitas dan pengembangan kepribadian, dan menarik jutaan pengunjung setiap bulannya)

1 komentar:

yuzt mengatakan...

makasih Pak..

 

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.